Rabu, 09 Agustus 2017

Memanfaatkan Kertas Bekas

Jenis barang dengan bahan baku kertas banyak macamnya, beberapa diantaranya adalah amplop dan paper bag. Sebagai profesi yang banyak berkecimpung di dunia kertas, rasanya sedih melihat kertas bekas dari hasil print atau cetakan yang tidak jadi atau keliru menumpuk dengan jumlah yang lumayan. Daripada diserahkan kepada mesin penghancur kertas, lebih baik dimanfaatkan untuk hal-hal yang bernilai seperti digunakan untuk membuat  amplop dan paper bag. Syaratnya, kertas bekas pada salah satu sisinya harus polos entah itu kertas berwarna maupun putih.



Pada umumnya ukuran kertas yang digunakan di perkantoran, institusi dan sebagainya menggunakan ukuran kertas A4 atau F4. Disini saya menggunakan ukuran kertas A4 untuk membuat amplop dan paper bag.

AMPLOP
Pengalaman saya di perkantoran, amplop yang digunakan adalah tipe amplop standard dengan bukaan menyamping bukan dari atas yang pada umumnya, seperti ukuran amplop coklat yang sering digunakan untuk melamar kerja, hanya ukuran amplopnya standard. Membuat amplop tipe ini adalah yang paling mudah, anda bisa mengikuti langkah-langkah pembuatannya pada petunjuk gambar dibawah ini :


Mudah bukan? Dimensi ukuran amplop ini adalah 10x25 cm (tipe DL-10), anda tidak perlu menggambar ukuran tersebut  cukup memperhatikan langkah-langkah tersebut dengan teliti.

PAPER BAG
Tas kertas tenteng ini sedang trend di kalangan masyarakat umum, bisa digunakan sebagai kantong belanjaan khususnya untuk toko pakaian seperti distro dan butik lalu klinik kecantikan, galeri seni, toko handphone, acara-acara spesial seperti ultah, seminar dan sebagainya karena kesannya yang fancy dan punya nilai karya seni, akan tetapi tidak semua pelaku bisnis menggunakan paper bag sebagai kantong bawaan, disamping rentan sobek dan basah walaupun menggunakan bahan kertas setebal apapun atau berlaminasi sekalipun, kertas tetap kertas, kemudian volume paper bag yang tidak memungkinkan membawa barang belanjaan bulanan anda, jelas sekali membutuhkan bahan kertas yang cukup lebar dengan perhitungan cost yang tinggi dan memberikan kesan kurang praktis. Walaupun demikian, paper bag, selain fancy mempunyai kesan mahal atau elegan dan ramah lingkungan karena bahan kertas mudah di daur ulang ketimbang bahan plastik atau kain. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat paper bag dengan ukuran kertas A4 :

  
Bagaimana, mudah atau masih bingung? Kalau masih bingung ulangi lagi langkah-langkah tersebut sampai anda tahu dan bisa melakukannya dengan mudah. Dimensi  ukuran paper bag ini 11x17 cm dengan volume 3,5 cm. Anda bisa melebarkan volume lebih lebar di langkah 5 - 13 akan tetapi jika dilebarkan maka tinggi paper bag akan otomatis turun, jadi bisa disesuaikan kegunaan atau permintaan. Tali yang digunakan adalah tali kur atau pita yang bisa anda beli di toko plastik yang menyediakan toples atau aneka tas hajatan dengan harga murah.

SEGI BISNIS
Anda sudah mahir membuat amplop dan paper bag dari kertas bekas, mungkin anda punya pemikiran untuk mengembangkan menjadi bisnis atau usaha yang lebih serius di dunia kertas ini. Pemikiran yang cukup bagus, saya akan berikan gambaran tentang ini, jika anda ingin benar-benar serius menggeluti usaha amplop dan paper bag, maka yang perlu anda pahami adalah ukuran kertas mulai dari A4, F4, A5 dan A3 kemudian jenis bahan kertas mulai dari HVS/gsm, art paper, fancy paper, gift paper, photo paper dan sebagainya. Contohnya untuk amplop, sebelumnya anda pergi ke toko alat tulis, anda bisa tahu jenis amplop bukaan samping warna coklat mulai dari yang standard, A5, A4 dan A3, kemudian anda pernah lihat paper bag warna coklat yang terlihat keren sebagat tas bawaan, amplop dan paper bag menggunakan bahan kertas coklat gift, ada banyak pilihan dan bisa anda beli di toko bahan kertas, belilah dengan ukuran plano (satu plano sebesar 4 kali ukuran A3) dengan asumsi lebih murah, hanya tinggal potong sesuai ukuran anda. Usaha amplop dan paper bag anda sudah siap terjun dalam persaingan dunia usaha. Bagaimana jika ada paper bag dengan permintaan gambar atau cetakan? Hubungan anda sudah jelas ke percetakan, atau kalau anda mahir menggambar atau olah desain dan punya mesin cetak/print minimal ukuran cetaknya A4 maka anda bisa setting sendiri tata letak atau layout-nya sesuai permintaan.

Membuat amplop dan paper bag dengan kertas bekas berfungsi  memanfaatkan waktu sebaik mungkin dan meminimalisir cost dari kinerja dan kebutuhan anda, yang perlu diperhatikan adalah kunci keberhasilan dari produk-produk berbahan kertas ialah kerapian. Karena kertas identik dengan kerapian, itu yang harus benar-benar anda perhatikan kalau ingin terjun dalam dunia usaha ini. Selamat mencoba!  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar