Ada beberapa perusahaan menerapkan semacam aplikasi tanda
terima barang secara elektronik, seperti yang diterapkan pada perusahaan situs
belanja online. Aplikasi android yang digunakan sudah baku dengan memanfaatkan
pengembang google sebagai media pembuatnya. Aplikasi seperti kunjungan detailer
atau marketing contohnya, juga memanfaatkan media pengembang ini dengan fasilitas
signature atau tanda tangan sebagai bukti aktivitas kunjungannya. Hal ini
mungkin bisa dilakukan pada perusahaan besar atau yang sudah punya nama, jadi
tidak melakukan secara manual dengan tanda tangan diatas kertas seperti
biasanya yang kita ketahui untuk menerima barang atau sejenisnya.
Disini saya tidak akan mengulas bagaimana membuat
aplikasi android untuk tanda terima tetapi bagaimana caranya menyiasati dengan memanfaatkan
aplikasi android yang sudah ada sehingga dapat tercipta sebagai layaknya
aplikasi tanda terima elektronik tanpa harus membeli dan membuat program. Saya
memakai dua aplikasi (apk) yaitu WPS Office Suite dan Foxt Mobile PDF.
WPS Office Suite
Langkah Pertama :
Buka aplikasi WPS Office Suite dengan membuat file Baru (+) pilih Dokumen word template kosong/blank dan mulailah mengetik form tanda
terima.
Langkah Kedua :
Setelah anda selesai mengetik form tanda terima, berilah
space/jarak ruang untuk tanda tangan si penerima, lalu simpan ke Dokumen saya, beri nama file misalnya
tt-004069.docx dan simpan. Kemudian buka kembali dan pilih Alat.
Langkah Ketiga :
Pada menu Berkas
pilih Ekspor ke PDF, berilah nama
file sesuai nama dokumen tadi dengan format pdf, tt-004069.pdf, ekspor berhasil
anda bisa klik untuk memeriksa file pdf anda.
Foxit Mobile PDF
Langkah Pertama :
Buka aplikasi Foxit Mobile PDF, pilih Menu kemudian Sign In/Sign Up terlebih dahulu, Sign In untuk nama petugas
pengirim barang misalnya : (nama.perusahaan@gmail.com), lalu pilih Documents, cari nama file tadi.
Langkah Kedua :
Buka file tadi, kemudian pilih Sign, setelah menu signature terbuka pilih Signature List, jika si penerima orang yang sama karena pernah
melakukan sebelumnya anda bisa langsung pilih tanda tangannya, akan tetapi jika
baru kali pertama maka pilihlah symbol
pen (+).
Langkah Ketiga :
Disinilah Kurir/petugas kirim berinteraksi dengan si
penerima, disini anda bisa atur ketebalan pena dengan sentuh Lingkaran Hitam, kemudian anda atur Ketebalannya dan Warna, standar warna tanda tangan adalah warna hitam atau biru
tergantung kebijakan perusahaan.
Langkah Keempat :
Kemungkinan si penerima masih belum terbiasa tanda tangan
dengan jari pada media tanda tangan sentuh, maka bisa di ulangi dengan
menghapus tanda tangan tadi pada symbol
penghapus, kemudian setelah menghasilkan tanda tangan yang setidaknya
lumayan pilih symbol disk/simpan.
Langkah Kelima :
Setelah disimpan lalu pilih Signature List, pilih Tanda
Tangan Penerima tadi, kemudian sisipkan pada space/jarak ruang tanda tangan
pada form tanda terima, letakkan dibawah kalimat Tanda Tangan Penerima, anda
bisa atur lebar panjang tanda tangan, anda bisa pilih Delete kalau kesan tanda tangan tadi kurang pas, jika posisi sudah
sesuai langsung pilih Add Signature.
Anda harus hati-hati karena kalau sudah di Add maka tidak bisa di
undo/dibatalkan. Form Tanda Terima sudah terlihat sebagaimana mestinya.
Untuk lebih valid atau akurat anda bisa
sisipkan stamp/stempel.
Langkah Keenam :
Anda back dari
menu signature, lalu pilih Comment kemudian pilih Others symbol titik-titik dan pilih Stamp.
Langkah Ketujuh :
Pada kolom menu Dynamic Stamp pilih symbol stamp dengan jam, lalu pilih Approved, bahwa tanda tangan penerima sudah diakui kurir dengan nama (sesuai sign in), pada jam dan tanggal tersebut. Tempatkan stempel approved dibawah tanda tangan,
dalam menempatkan posisi anda masih bisa melakukan Undo, jika posisi kurang pas. Anda bisa juga menggunakan menu
dynamic stamp seperti confidential, received, reviewed maupun revised sesuai
kebijakan perusahaan. Foxit akan menyimpan secara otomatis, apa yang anda
sisipkan (termasuk signature dan stamp). Pada menu Documents anda bisa lihat
list tanda terima tadi dan kirimkan pada pemilik yang punya atau order barang
tersebut sesuai dengan nomor handphone-nya via aplikasi messenger, seperti
whatsapp yang sudah bisa menerima pesan dalam bentuk .pdf dan ini sebagai bukti
valid menginformasikan bahwa barang tersebut sudah terkirim dan diterima.
Jika anda sebagai pemilik usaha, anda bisa memanajemen
penanganan SDM, misalnya administrator dan kurir. Pembuat form tanda terima dan
mengirimkan bukti file pdf yang sudah di approved ke pemilik adalah tugas
administrator sedangkan tugas kurir hanya menerima form tanda terima dalam
bentuk pdf, melakukan pengiriman dan approved. Sekedar contoh dalam bentuk
sistem sekuritas, contoh diatas adalah contoh sederhana, anda bisa membuatnya
lebih rumit bisa juga melalui MS-WORD PC dan FOXIT PDF PC, anda bisa tambahkan
kolom, logo perusahaan transparansi atau QR-code, agar tidak bisa disalah
gunakan, setidaknya kesulitan di edit oleh petugas kurir.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar