Sabtu, 16 September 2017

Program Menu DVD Dan Label Part 1

Pada waktu kita berkunjung ke kios atau toko DVD yang menjual produk-produk film, video lagu dan semacamnya, menemukan ada beberapa contain video yang menggunakan program menu di awal script. Umumnya, program menu DVD film terdiri dari play (movie), trailer,  thumbnail (potongan gambar film) atau images (kumpulan gambar) yang bisa di pilih sesuai keinginan kita.

Ada program DVD menu yang sangat bagus dan powerful, disini saya menggunakan software DVDStyler. Anda bisa mempelajarinya secara bertahap, siapa pun apa pun background anda, walaupun anda bukan seorang editor video, desainer grafis, programmer atau animator, anda bisa membuat program menu DVD milik anda sendiri dengan mudah.

Program Menu DVD

Kalau kita menonton atau membuat tayangan video, seperti sudah umum melihat prosesnya mulai dari awal munculnya berupa teks info, judul dan seterusnya, tetapi jika kita sisipkan dan membuat program menu, walaupun ada tetapi masih jarang karena membutuhkan proses pengerjaan yang panjang padahal dinilai dari segi manfaatnya cukup besar dan sangat berguna untuk memanajemen momen atau dokumentasi penting, profil perusahaan, usaha video shooting, video koleksi, reportase dan sebagainya. Saya yakin walaupun anda menggunakan gadget, sudah mahir dalam hal pengambilan video, tinggal bagaimana mengumpulkan momen atau dokumentasi penting dalam video anda yang merupakan beberapa pilihan favorit dari video-video pilihan yang lain dengan momentum yang berbeda dan anda dapat menontonnya dijadikan dalam satu wadah yaitu DVD. Itulah maksud dari program menu DVD.


Anda bisa membuat file baru di new project dengan nama label, pilihan untuk kapasitas disc, video bitrate, audio bitrate, default post title command, untuk pertama kali cukup rubah nama labelnya saja dan biarkan lainnya dengan format seperti itu. Anda perlu merubah pilihan video format PAL  atau NTSC, kemudian Aspect Ratio 4 banding 3 (4:3) atau 16 banding 9 (16:9) sesuai selera atau tergantung setting resolusi video atau foto anda. Jika anda sudah menyimpan file sebelumnya dan membukanya lagi silakan klik browse files di open project.


Ketika anda pilih ok pada new project maka akan ada tampilan pilihan background atau istilahnya template untuk format program menu anda. DVDStyler menyediakan banyak pilihan template sesuai kebutuhan tetapi template tersebut bisa anda ubah sesuai keinginan anda. Disini saya akan membuat contoh program menu DVD untuk profile usaha. Untuk mudahnya saya pilih template travel, saya ganti background template tersebut dengan file background perusahaan.

Yang perlu diperhatikan adalah perintah klik, diantaranya :
·         Klik kanan pada button, text, image adalah fungsi alat untuk cut, copy, paste, delete, arrange, align, add, first highlight button, properties dan klik kanan pada background adalah fungsi alat untuk add, view, grid, paste, properties
·         Double Klik pada button, text, image, background langsung menuju properties
·         Klik sekali pada button, text, image kemudian muncul icon move, anda bisa pindahkan pointer dengan drag and drop, untuk merubah ukuran icon scale dan rotate cukup geser ke arah sudut-sudutnya kemudian drag and drop

Berikut ini adalah langkah-langkah mulai dari mengganti background sampai dengan mengedit tampilan menu : 


Template travel dari DVDStyler berubah menjadi tempalate profil usaha, anda bisa merubah warna, font dan efek melalui properties. Bersambung...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar