Minggu, 17 September 2017

Program Menu DVD Dan Label Part 3 (Final)

Label DVD

Setelah kita mahir membuat daftar menu pada DVD disc, tentunya DVD disc yang sudah jadi jangan dibiarkan tanpa label. Label disc berbahan kertas stiker yang sudah di cutting, jadi tinggal kelupas  tanpa kita melakukan pemotongan sendiri, biasanya dijual pada toko alat tulis, toko buku atau toko asesoris komputer. Ukuran satu stiker label disc adalah 12,8 x 25 cm terdiri dari 2 cutting label disc, stiker bisa berbahan kertas glossy (mengkilat) atau HVS, isi 1 pack 50 lembar untuk semua jenis printer, harganya sekitar 8.500-15.000 rupiah.


Pada pembuatan label disc, memang ada beberapa software pendukung untuk ini, tapi disini saya tidak menggunakan software apapun, justru saya menggunakan Microsoft Word yang umum orang bisa mengoperasikannya. Untuk tahapan atau langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :


Anda bisa merubah page layout – size dengan more paper size... dengan ukuran 12,5 x 12,5 cm, kemudian merubah margins  dengan custom margins...  anda bisa masukkan 0,2 cm pada top, bottom, left, right  kecuali gutter dan ketika muncul warning box, abaikan saja (Ignore). DVD disc berdiameter 12 cm, karena paper size di setting 12,5 cm dan margins 0,2 cm berarti sisa 12,3 cm dan tambahan 0,3 cm dari diameter disc dan sisa tadi itu sebagai area cetak. Insert picture, anda bisa atur lebar-panjang sesuaikan dengan margins dan pada kolom format anda klik position dan klik center pada text wrap. Cara mencetaknya posisi kertas harus vertikal, jika anda ingin mencetak langsung 2 label, tinggal posisi kertas tadi dibalik lalu cetak atau jika anda mencetak tanpa dibalik, maka setting paper size dikalikan 2. Mudah bukan? Anda bisa lihat hasilnya dibawah ini.


Untuk mengelupas stiker dan kemudian menempel, anda harus lakukan dengan hati-hati, kesalahan sedikit saja membuat kertas stiker bisa rusak. Usahakan stiker label pada posisi tegak simetris sesuai gambar atau foto anda, kelupas atasnya sedikit saja lalu tempelkan pada disc, jika tempelan anda benar maka selanjutnya pasti benar.  Setelah DVD disc berlabel sudah jadi, sekarang anda tinggal membeli wadah atau tempat disc yang berbahan plastik, disini saya menggunakan tempat disc bentuk bulat transparan, cukup murah sekitar 2.000-3.000 rupiah.

Program menu untuk DVD dan labelnya sudah anda kuasai, momen-momen penting dalam hidup anda sudah terdokumentasi dalam DVD. Kalau jaman dahulu orang tua kita mengabadikan dalam bentuk foto album, maka sekarang kita bisa menikmati tontonan DVD dan bukan VCD lagi untuk anak-anak anda, cucu-cucu anda, saudara-saudara anda, teman-teman anda bisa menonton karya indah anda. Karena dalam DVDStyler bukan hanya bisa menyisipkan video tapi juga kumpulan foto atau dalam bentuk animasi. Anda tidak perlu khawatir dengan video editing karena dalam aplikasi gadget cukup banyak pilihan aplikasi ini yang dapat anda sematkan pada gadget. Apakah DVD player perlu dibeli? Walaupun anda bisa menonton melalui laptop/PC, DVD player tetap anda butuhkan. Apakah mungkin kemana-mana anda membawa laptop dan apakah ada disetiap rumah atau bisa mengoperasikannya? Jawabnya, tidak mungkin. Bagaimana kalau disimpan dalam flashdisk, langsung diputar lewat TV Digital yang ada soket USB? Tetap saja, anda membutuhkan DVD player  yang sekarang sudah ada soket untuk USB, TV Digital walaupun ada soket USB untuk melihat gambar, mendengarkan musik, menonton video tetap tidak support untuk file DVD. Ukurannya yang mini, flashdisk rentan hilang, rusak, terkena virus, harga juga mahal, untuk sebuah value dari hasil karya jauh sekali nilainya dibandingkan kalau anda membuatnya dengan DVD disc. Harga DVD disc blank  ecer antara 3.000-4.000 rupiah dan harga satu unit DVD player dikisaran harga 275.000-550.000 rupiah, sangat terjangkau, bukan? Selamat berkarya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar